gambar rumah dan danau

Ruh di dalam bangunan

Posted on

Bukan hanya benda bernyawa yang memiliki ruh, bangunanpun yang merupakan benda mati juga memiliki ruh. Apakah kita tidak menyadari bangunan dapat berkomunikasi???.
Apakah kita pernah merasakan ketika kita melihat sebuah bangunan, “dia” dengan bentuk, warna, dan komposisi memberitahukan seperti apa “dirinya”. Ketika kita melihat “dia”lebih dalam “dia” bisa menenangkan, menyejukan, melindungi dan memberikan keceriaan atau mungkin sebaliknya. Apakah kita sekarang menyadarinya???
Bangunan yang mampu berkomunikasi dengan baik dengan si pengamat bukan dicapai dengan proses yang sembarangan, bukan dengan cara instan, bukan pula dengan proses seadanya. Bangunan akan memiliki ruh jika proses pembangunannya dilalui dengan benar dengan memberikan pertanyaan untuk apa bangunan ini di fungsikan?, siapa pelaku aktifitas didalamnya?, seperti apa nantinya bentuknya? tujuan apa yang yang ingin di capai?, pertanyaan ini nantinya yang mampu membentuk ruh bangunan dan pertanyaan itu pula yang membuat ruh bangunan mampu bertahan di segala keadaan bahkan zaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>