place holder

Rencana anggaran biaya rehab

Posted on

RENCANA ANGARAN BIAYA REHAB

Macam analisa

Perbandingan membuat Rencana anggaran biaya bangunan baru dan rencana anggaran biaya rehab sebuah bangunan memang sangat jelas. Bagi yang sering mengerjakan perencanaan sebuah bangunan dipastikan tahu lebih mudah ataupun lebih sulit diantara keduanya. Apakah menghitung rencana anggaran biaya rehab dari pada menghitung rencana anggaran biaya bangunan baru. Jawaban yang tepat semuanya bisa dibilang sulit ataupun bisa dibilang gampang tinggal tahapan dalam menghitung rencana anggaran biaya item pekerjaan diuraikan dengan jelas.
Ada berbagai macam analisa satuan pekerjaan seperti BOW, SNI, Kontraktor (bisa dilihiat web sebelah) dimana dasar perhitungan koefesiannya sama berdasarkan waktu, tenaga, bahan dan alat yang dipakai dalam menyelesaiakan sebuah pekerjaan.

Koefesien pekerjaan

adalah nilai pengali terhadap harga satuan upah dan bahan dimana nilai setiap koefesiannya berdasarkan pengamatan dan praktek real dalam menyelesaikan sebuah pekerjaan. Ketiga analisa yang disebutkan diatas memiliki koefesian berbeda berdasarkan perbedaan metode dalam mengambil kesimpulan dalam menyelesaikan sebuah pekerjaan.

Perbandingan nilai indeks koefesien ketiga analisa diatas berdasarkan berbagai sumber dalam menghasilkan harga sebuah pekerjaan seperti berikut.

  • BOW = Lebih Mahal
  • SNI = Sedang
  • Kontraktor = Lebih Murah
Rencana anggararan biaya rahab

Dalam rehab bangunan harus teliti dalam mendata item pekerjaan yang akan di rehab. Hal ini penting guna menghindari pekerjaan – pekerjaan tambah yang akan menaikan beban biaya pekerjaan.

Langkah Menghitung biaya rehab bangunan berdasarkan analisa SNI:

  1. Mendata dengan teliti setiap pekerjaan yang akan di rehab.
  2. Megetahui satuan pekerjaan seperti m2, m3, kg, m’, buah dan sebagainya sehingga menghindari kesalahan dalam menghitung volume berdasarkan satuan pekerjaan. (Dalam analisa SNI) setiap item pekerjaan sudah tertera satuan pekerjaannya.
  3. Menghitung volume pekerjaan berdasarkan penjelasan nomer 2 diatas.
    contoh

    • pekerjaan pasangan bata (dalam analisa satuan harga tertera satuan pekerjaan m2)
      jika panjang pasangan bata 3 meter dan tinggi 3 meter total pekerjaan pas. bata adalah 3m X3m = 9m2
    • Pekerjaan Kolom beton (dalam analisa satuan harga tertera satuan pekerjaan m3)
      Jadi jika kolom bangunan panjang 15cm lebar 30 cm dan tnggi 3meter maka 0.15mx0.3mx3m=0.135 m3
      (ingat satuan panjang centimeter harus diubah menjadi meter)
  4.  Mengetahui dan membuat harga satuan bahan dan upah pekerja. Agar harga tepat sebaiknya anda survey harga bahan ditoko terdekat dan bertanya mengenai upah pekerja ke berbagai sumber agar dapat mengetahui harga rata-rata upah pekerja.
  5. Menghitung dengan cara mengalikan harga satuan bahan dan upah dengan nilai koefesian dari analasisa SNI yang sudah ada.
  6. Menentukan harga sebuah pekerjaan dengan mengalikan volume dengan total harga satuan bahan dan upah.

Demikian langkah menghitung rencana anggaran biaya rehab bangunan. Agar lebih jelas bisa di sedot format exel perhitungan biaya rehab bangunan.

DOWNLOAD LINK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>