tablet

Rencana Anggaran Biaya

Posted on

Rencana anggaran biaya (RAB)

Saat hendak membangun rumah salah satu hal penting adalah memperkirakan biaya konstruksi yang dibutuhkan, inilah fungsi dari RAB. RAB atau rencana anggaran biaya sebagai tolak ukur dalam mengendalikan atau mengontrol pengeluaran selama proses konstruksi baik bahan material dan upah kerja.

Data yang paling penting dalam menghitung RAB adalah gambar bangunan dimana didalamnya menjelaskan ukuran, bentuk dan spesifikasi bangunan yang sebelumnya didesain oleh arsitek dan dari gambar kerja atau gambar bangunan ini estimator dapat memperkirakan volume setiap pekerjaan konstruksi.

Didalam rencana anggaran biaya terdapat perkiraan ukuran untuk menentukan harga satuan pekerjaan yang disebut koefisien yang merupakan rumus dari perbandingan jumlah bahan dan upah yang diperlukan dalam menyelesaikan suatu pekerjaan yang biasa disebut analisa pekerjaan. ada berbagai analisa yang dihitung berdasarkan penelitian suatu pekerjaan diantaranya:

  1. Analisa BOW
  2. Analisa SNI
  3. Analisa Kontraktor/Perusahaan

Banyak konsultan perencana, konsultan pengawas, kontraktor dan biro arsitek di banjarmasin yang dapat membantu anda dalam membuat rencana anggaran biaya salah satunya adalah kami grow up arsitek yang didukung oleh estimator yang ahli dibidangnya untuk mengontrol biaya pekerjaan rumah anda.

Bagi anda yang ingin membuat rencana anggaran biaya silahkan menghubungi kami di laman kontak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>